Selasa, 12 Maret 2013

Move on dalam 10 hari



Lama banget nggak posting ya? Sibuk sih aku sama bisnis baru. Hahahaha...ups, tapi nih aku punya cerita bagus yang udah aku simpen lama. Curhatan seorang kawan sih, silakan disimak dan diambil hikmahnya ^^

*****

Hayho...sebut saja namaku Bunga. Kata teman-teman, aku cantik. Lalu kata Eka Kurniawan yang sekaligus jadi judul novel best sellernya, “CANTIK ITU LUKA”. Maybe it’s true. Look at me, ada label playgirl menempel samar di dahiku macam lafadz kafara di dahi Dajjal. Kalau dirunut, mantanku ada lebih dari satu lusin. Jangan tanya nama, jelas aku nggak ingat semuanya. Kalian pikir ganti pacar berkali-kali nggak berarti sakit hati berkali-kali?? Luka dalam, cyin! Sempat terpikir kalau aku ini keturunan Panglima Tianfeng a.k.a Patkay yang terkenal sial dalam percintaan itu. 

Hell...terakhir kali, aku diputus sepihak dengan alasan jelas. Pasanganku  merasa tertekan karena kompleksitas hidupku. Tak perlu dijelaskan. Kalian akan pusing, serius. Inti dari semuanya adalah: pasanganku berhenti memperjuangkan hubungan kami. Setelah aku sendiri mati-matian menjadi perempuan ideal yang dia inginkantermasuk membatasi pergaulan dengan lawan jenis dan memilih pekerjaan freelance, ya dia suka ibu rumah tangga―dia berteriak, memegang kepalanya sambil bilang, “Jangaaaan paksaaaaa akuuuuuu”. Jujur sih, saat itu aku menangis sambil menahan tawa. Aku menawarkan sebuah diskusi untuk mencari solusi. Sesuatu yang biasa aku lakukan jika menghadapi masalah dengan keluarga atau kawan. Musyawarah bahasa gaulnya. Tapi dia nggak mau.Oke, sepihak.

Gue nangis, cyin. Jelas nangis lah, siapa juga yang nggak sedih kalau diputusin pacar tersayang. Mendadak pula. Tawaran untuk bermusyawarah ditolak mentah-mentah. Rasa sayang sudah lenyap benar dari hatinya. Buktinya, dia bisa dekat dengan gadis lain semasa berjauhan denganku. Dia bisa menyimpan foto-foto cewek itu di Blackberrynya. Aku? Nggak bisa berbuat apa-apa donk ya. Cuma nangis sebentar. Buka youtube di komputernya, muter lagu Sherina “Simphoni Hitam” dan makan es krim yang dia sodorkan. Next, dia memutar lagu Bruno Mars “Grenade”. Perpisahan yang lucu dan berkesan.

Tiga hari berkabung di kamar kost dengan sahabat-sahabat yang datang silih berganti. Sebagian menegarkan, sebagian memberi siraman rohani, sebagian memberikan pukpuk dan peluk, sebagian membawakan makanan, sebagian membacakan Al-quran agar aku berhenti nangis. Aih, tragedi!

Tiga hari berduka, aku pulang ke rumah orangtua. Mereka menyambut dengan pelukan dan senyuman. Ayah memeluk, “Doa ayah terjawab. Ayah minta, kalau memang bukan jodoh, tolong jauhkanlah dari anak gadisku.”

Ibuku mengelus rambutku, “Mau makan apa? Es krim? Shopping yuk!” -_- aih ibuku ini. Walhasil aku membeli sebuah wedges setinggi 7cm berwarna pink. Warna yang nggak banget buatku pecinta warna gelap. Kubilang, “Aku pengen ganti suasana. Pengen warna-warna ceria.”  Tak lama kemudian, ibuku tercinta membelikanku dress warna pink. Lengkap sudah. Ayah ibuku membatalkan agenda mereka beberapa hari ke depan dan memilih berkebun. Aku tahu, mereka menemaniku. Ayah, yang supersibuk itu rela meluangkan waktu untuk lebih banyak bersamaku. Ibu, yang biasanya susah mengeluarkan isi dompet mendadak dermawan. Asyik! Tuhan, Kau baik!

Iri hati masihlah ada ketika melihat kawan-kawanku berhasil menikah setelah bertahun-tahun pacaran. Sirik gue! Di saat aku berniat serius dan berjuang mati-matian, pasanganku menyerah duluan. Tapi adikku meyakinkan, bahwa jalan hidup orang memang beda-beda. Jalani saja takdirku. Sempat terucap kalimat putus asa, “Oh Ayah Ibu, sudah kuterima saja perjodohan yang kalian tawarkan dulu itu.” (sambil berurai air mata dan menyandarkan kepala ke tembok)

Seorang kawan, playboy yang insyaf duluan karena keadaan, menyarankanku untuk banyak berdzikir, berdoa, dan sholat tahajud. Hahahaha, karena alkohol, rokok, obat penenang sudah tak mampu lagi mengobati luka hatiku, aku mencoba saran ini. Awalnya berat, sampai akhirnya di suatu malam, aku sujud lama sekali sambil terus menerus curhat. Tuhan mendengar. Allah SWT mendengar. Pernah suatu kali, tasbih yang kupakai untuk berdzikir putus lantaran aku menariknya terlalu keras. Hahahaha, karena waktu itu aku perasaanku kacau teringat mas mantan. Konyol? Banget!

Genap seminggu, aku pulang ke kost dan mencoba memulai aktivitasku kembali. Pelan-pelan. Buku, celana jeans, kaos, helm, dan beberapa barang mas mantan masih teronggok bebas. Tapi Tuhan mendengar doaku. Aku menyetuh barang-barang itu sama seperti aku menyentuh kasur. Tak ada lagi nyeri di hati. Biasa saja. Bahkan ketika beberapa kawan iseng menggoda dengan menyebut nama mas mantan ratusan kalipun, hatiku nggak lagi bergetar. Seperti disengaja, beberapa kawan Mas Mantan malah mendekat. Untuk urusan pekerjaan sih, tapi ketika dekat dengan mereka, nggak ada lagi kenangan lama yang muncul. 

Gila, nggak sampai 10 hari cyin! Rekor! Ini patah hati paling singkat yang pernah kualami. Aku sendiri kaget!! Padahal dulu waktu pacaran, aku cintanya gila-gilaan. Everything for him lah. Serba mengalah. Komputer dan handphone penuh dengan foto-fotonya. Wajar kalau banyak orang mengira aku btuh waktu lama untuk bisa move on. Salah seorang sahabat mas mantan, yang nggak sengaja ketemu di warung kopi, menepuk-nepuk kepalaku sambil bilang, “Jangan galau lama-lama ya, nduk.” padahal saat itu aku justru sedang dalam kondisi sangat bahagia. Kalau memang terlihat sendu, itu karena lelah dan mengantuk karena beraktivitas seharian. 

Maybe ini, kekuatan DOA. Tuhanku emang Maha Keren. Maha Pembolak-balik hati manusia. Nggak sampai 10 hari, aku udah bisa move on. Bahasa gaulnya sih gitu. Kalo kata temen gue, “God knows that u don’t need a looser!” so, Dia mengeliminasi orang-orang yang nggak pantas buatmu. Sarkas sih, tapi ada benernya juga. Tuhan lebih ngerti apa yang kita butuhkan. Tuhan  nggak ngasih apa yang kita inginkan. Yakinlah sama skenarioNya. Dia lebih ngertiin kamu, secara Dia yang ciptain kamu.

*****

Hem....segini dulu sih. Yang pengen tau doa apa yang diminta sama Bunga, bisa add BBMku 22f86BE4 atau WhatsApp 087739694724. Mau curhat dan ceritamu di-share di blog ini juga boleh (nama disamarkan). Bonus konsultasi gratis sama Tim spesialis Move On. Bwihihihhiik ^^*suer ini nggak bercanda

Ps: dan sekarang Bunga sudah punya pacar lagi. Cerita tentang pacar barunya? just wait and see ^^

3 komentar: